Ketik misal : ayam, bihun, khas padang, khas palembang

Jumat, 04 September 2015

Resep Membuat Dodol Khas Garut

etik iskundarti
Advertisement
Advertisement

Resep Dodol Khas Garut – Apa yang pertama Anda ingat ketika mendengar kata dodol? Benar, kota Garut di Jawa Barat. Dodol yang paling terkenal memang dodol yang berasal dari kota ini. Siapa sih, orang Indonesia yang tidak tahu makanan popuer tersebut? Kelembutan dan kelezatan rasanya sudah terkenal di seluruh penjuru. Apalagi dodol Garut ini sekarang memiliki beraneka rasa yang tentunya bisa jadi pilihan terbaik. Oleh karena itu, banyak orang yang menyukainya. Makanan ini sering dijadikan oleh-oleh karena dijual di sepanjang toko oleh-oleh di Garut maupun di Bandung.

Berbagai orang dari penjuru Indonesia yang berkunjung ke Bandung maupun Garut sering mampir ke pusat oleh-oleh untuk membelikan keluarganya yang ada di rumah. Tapi, bagaimana jika Anda tidak harus susah-susah ke Garut untuk mencicipinya bersama keluarga? Di rumah Anda sekarang juga, Anda bisa membuatnya. Sudah tersedia resep dodol khas Garut yang akan menghibur Anda dan membantu dalam pengolahan makanan legit tersebut. Jadi, jangan mengira bahwa membuat dodol khas Garut ini sulit. Walaupun memakan waktu yang lumayan lama untuk membuat teksturnya agar lembut, tapi hasilnya yang memuaskan akan mengobati pegal-pegal Anda.

Dodol Khas Garut
Dodol Khas Garut
Silahkan simak sampai selesai resep dodol khas Garut ini agar bisa membuatnya dengan lebih mudah. Agar hasilnya bisa memuaskan Anda, pahami setiap bahan dan proses pembuatannya. Praktis dan simple.

Bahan:

  • 2 kg gula merah yang diiris halus
  • Garam secukupnya
  • 1 kg tepung ketan
  • 5 buah kelapa tua yang diambil santan kentalnya
  • 2 sendok makan santan cair
  • 2 ons gula pasir

Cara Pembuatan:

  1. Langkah pertama yang harus dilakukan adalah mencampur tepung ketan dengan gula merah yang sudah diiris. Lalu masukkan sedikit garam dan santan cair.
  2. Rebus beberapa campuran tadi sampai mengental dan tuang kembali santan kental dan gula pasirnya
  3. Masak sampai kental sambil sesekali diaduk selama kurang lebih 3-3 ½ jam
  4. Lanjutkan dengan menuang adonan dodol di atas wadah besar atau loyang yang sudah diberi kertas minyak
  5. Olesi minyak goreng sampai merata. Biarkan dingin dan gulung sampai berbentuk lonjong seperti dodol pada umumnya.
  6. Bungkus adonan dodol tersebut dengan kertas minyak
  7. Sajian dodol siap dihidangkan untuk camilan keluarga

Membuat dodol memang tidak terlalu sulit langkah-langkahnya. Akan tetapi, agar hasilnya juga memuaskan, proses pengadukan yang selama beberapa jam tadi harus dilakukan dengan hati-hati dan penuh kesabaran sampai mengental. Karena kalau Anda tidak sabar mengaduknya, bisa jadi adonan tidak akan sesuai dengan keinginan Anda. Agar khas dengan daerah asalnya, yaitu Garut, Anda harus memperhatikan langkah-langkah yang Anda. Baca Juga : Resep Membuat Dorokdok Khas Garut

Semoga resep dodol khas Garut dapat membantu Anda mengolahnya dengan baik dan benar. Selamat mencoba.

0 komentar:

Posting Komentar

Terimakasih Sudah berkunjung di blog saya :)

Komentar yang tertib ya :D