Ketik misal : ayam, bihun, khas padang, khas palembang

Kamis, 10 September 2015

Resep Membuat Keripik Paru Khas Salatiga

Etik Iskundarti
Advertisement
Advertisement

Resep Keripik Paru Khas Salatiga – Daging sapi memang memiliki tekstur yang berbeda dengan daging lainnya. Hampir semua komponen dalam sapi itu sendiri, mulai dari daging, babat, iga, balungan, dan jeroannya dapat digunakan untuk mengolah makanan. Oleh karena itu, banyaknya minat terhadap daging ini membuat beragam pula kuliner yang dihasilkan. Seperti yang kita tahu, daging sapi sering dibuat dengan olahan soto, rawon, pindang, daging sapi panggang dan lain sebagainya. Namun, ada satu kuliner khas Salatiga yang cukup menantang dan berbeda, nih. Yaitu keripik paru.

Kalau singkong dijadikan keripik, kita sudah tahu. Begitu pula dengan kentang. Tapi, kalau paru bagaimana? Tentunya rasanya sangat lezat. Karena paru goreng saja sudah nikmat, apalagi kalau dijadikan keripik. Bisa krenyes-krenyes gurih. Oleh-oleh khas Salatiga ini banyak diburu orang untuk dijadikan jajanan keluarga. Harganya juga berbeda dengan keripik lainnya, maklum saja karena bahannya pun berbeda, dari paru sapi. Kalau Anda ke Salatiga mampir saja, banyak kok tempat oleh-oleh yang menjualnya. Sebenarnya Anda tak perlu jauh-jauh untuk merasakannya. Anda bisa membuat keripik ini di rumah dengan resep keripik paru khas Salatiga sebagai camilan yang asyik.

Keripik Paru Khas Salatiga
Keripik Paru Khas Salatiga 
Cara membuat keripik paru ini amatlah mudah kalau Anda membaca dengan teliti dan cermat resep keripik paru khas Salatiga. Sehingga, membuatnya juga tidak kebingungan. Coba simak kelanjutannya.

Bahan:

  • ½ kg paru sapi
  • ½ sendok makan garam
  • ¼ kg tepung beras
  • 50 gram tepung sagu
  • Minyak goreng secukupnya
Bumbu Halus:
  • 1 sendok makan ketumbar
  • 2 siung bawang putih
  • Garam secukupnya

Cara Membuat:

  1. Cuci bersih paru sapi dan kemudian rebus dalam air sampai empuk dan matang. Angkat dan tiriskan. Dinginkan dalam beberapa saat.
  2. Masukkan paru yang sudah dingin ke dalam freezer sampai membeku
  3. Keluarkan dan iris-iris tipis sesuai selera. Jangan lupa membuang uratnya agar tidak alot atau keras. Sisihkan
  4. Campur semua bumbu halusnya dengan tiga sendok makan air matang atau secukupnya
  5. Kemudian campurkan juga tepung beras, tepung sagu dan garam ke dalamnya. Aduk-aduk sampai benar-benar merata
  6. Gulingkan paru yang sudah diiris tipis ke dalam adonan tersebut sampai terlumuri.
  7. Panaskan minyak untuk menggoreng paru sampai matang. Tandanya warnanya berubah agak putih atau mendekati kecoklatan. Angkat dan tiriskan
  8. Siapkan piring saji. Dan sajikan keripik paru di atasnya
  9. Keripik paru siap untuk dihidangkan

Dengan mengiris tipis paru, itu bertujuan supaya bumbunya gampang meresap dan cepat matang. Dalam mengirisnya jangan terlalu tebal dan jangan terlalu tipis. Baca Juga : Resep Membuat Enting-Enting Khas Salatiga

Anda bisa menyajikan keripik paru untuk lauk tambahan atau dibuat camilan. Kalau dibuat camilan, Anda bisa menyimpannya di toples yang ditutup rapat setelah keripik paru dingin. Nikmati bersama keluarga ketika mengobrol dan santai sambil menonton TV. Resep keripik paru khas Salatiga pamit, silahkan membaca resep-resep lainnya dan jangan kapok untuk membuatnya lagi, ya!

0 komentar:

Poskan Komentar

Terimakasih Sudah berkunjung di blog saya :)

Komentar yang tertib ya :D

 


Suka

Langganan Resep Terbaru

Mengenai Saya

Foto saya

Aku suka masak, mulai suka blog baru kemarin :D ada yg bisa ajarin ? Ikuti aku ya bagi yg mau tau update artikel blog ku resep masakan sederhana