Ketik misal : ayam, bihun, khas padang, khas palembang

Rabu, 09 September 2015

Resep Membuat Kue Cenil Khas Kebumen

Advertisement
Advertisement

Resep Kue Cenil Khas Kebumen – Cenil sering dijumpai di pasar tradisional. Kue dengan beraneka warna ini dijual dengan harga murah dan banyak sekali peminatnya. Hidangan ini biasa disajikan bersama gula merah dan parutan kelapa. Rasanya yang kenyal-kenyal membuat lidah Anda tidak bisa berhenti mencicipi serta gigi Anda juga tidak mau berhenti mengunyah. Apalagi rasa dari manisnya gula merah dan gurihnya parutan kelapa. Sungguh, perpaduan yang amat serasi untuk cemilan di waktu santai. Kue ini juga sangat mengenyangkan di samping rasanya yang enak.

Kalau Anda ke pasar tradisional, pasti tidak lupa membeli jajanan untuk anak di rumah. Belikan mereka jajanan yang tidak mengandung bahan pengawet. Salah satu contohnya, ya cenil ini. Namun, mulai sekarang Anda bisa membuat olahan cenil ini di rumah. Tanpa merasa takut jajanan yang dikonsumsi oleh anak-anak Anda tidak sehat lagi. Jika Anda yang membuatnya, sendiri kan tidak perlu beli lagi. Selain itu, Anda juga tahu bahwa olahan Anda dari resep kue cenil khas Kebumen benar-benar sehat untuk mereka.

Kue Cenil Khas Kebumen
Kue Cenil Khas Kebumen 
Sebenarnya untuk membuat cenil sendiri sangatlah mudah. Yakinlah, Anda akan bisa membuatnya di rumah dengan resep kue cenil khas Kebumen. Tidak perlu lama-lama, karena sangat simple sekali. Tidak seperti yang Anda bayangkan, membuat cenil itu tidak susah. Silahkan baca saja dulu resepnya, kemudian baru menerapkan langkah-langkah yang ada.

Bahan:

  • 400 gram tepung kanji (larutkan dengan 60 ml air)
  • ½ butir kelapa setengah tua, parut memanjang
  • 1 sendok teh garam
  • 6 sendok makan gula pasir
  • 8 – 10 lembar daun pandan, potong
  • 200 ml air
  • Pewarna makanan
  • 2 liter air untuk merebus

Cara Membuat:

  1. Didihkan air dan garam. Kemudian setelah itu, masukkan tepung kanji yang sudah dilarutkan. Aduk sampai mengental. Lalu angkat.
  2. Aduk adonan sampai rata mengentalnya dan dingin
  3. Campurkan sisa tepung kanji sedikit demi sendikit sambil diuleni hingga rata lagi
  4. Bagi adonan menjadi tiga bagian (setiap bagian diberi warna berbeda)
  5. Ambil satu sendok makan adonan dan rekatkan atau bulatkan menjadi satu. Begitu seterusnya sampai adonan habis.
  6. Kemudian rebus air dan daun pandan dengan api sedang mendekati kecil. Tutup panci sampai aroma daun pandannya meresap
  7. Kemudian buang daun pandan dan masukkan adonan yang sudah dibentuk bulat tadi
  8. Masak sampai adonan cenil mengapung. Angkat kemudian tiriskan.
  9. Siapkan parutan kelapa di wadah atau piring. Lalu gulingkan cenil yang sudah jadi di atasnya.
  10. Taburi gula pasir di cenil tersebut

Anda juga bisa menaburi cenil tersebut dengan gula merah yang sudah dicairkan. Lebih enak dan terasa manisnya. Jajanan tradisional ini memang sangat cocok jika dikonsumsi bersama keluarga di rumah. Anak-anak Anda pasti menyukainya karena tampilan yang menarik dan menggugah selera untuk dimakan. Selamat mencoba kreasi resep kue cenil khas Kebumen. Tetap memasak dan mencoba kreasi lainnya, ya! Baca Juga : Resep Membuat Enting-Enting Khas Salatiga

0 komentar:

Posting Komentar

Terimakasih Sudah berkunjung di blog saya :)

Komentar yang tertib ya :D