Ketik misal : ayam, bihun, khas padang, khas palembang

Senin, 07 September 2015

Resep Membuat Kue Ladu Khas Garut

Advertisement
Advertisement

Resep Kue Ladu Khas Garut Kue ladu merupakan jajanan khas India. Kuliner yang memiliki tekstur hampir seperti dodol dan sejenisnya ini memiliki rasa yang lembut dan manis. Makanan ini tidak hanya ada di India, di Indonesia pun juga ada, terutama di Garut. Kota yang terkenal dengan dodolnya tersebut memang sering membikin olahan dengan bahan baku ketan, seperti juga kue ladu ini. Makanan ini gampang ditemui di toko oleh-oleh khas Garut. Dengan membelinya beberapa saja, Anda sudah dapat membawakan oleh-oleh untuk keluarga di rumah.

Namun, kalau dipikir-pikir, membelikan oleh-oleh harus dengan jumlah yang banyak. Kalau ke Garut hanya membeli kue ladu sih juga tidak puas. Bagaimana kalau Anda juga ingin dodol dan makanan lainnya, sedangkan uang Anda tidak cukup? Mungkin Anda akan cukup puas jika resep kue ladu khas Garut ini tersedia. Hei, Anda bisa membuat olahan ini di rumah. Dengan begitu, kan Anda bisa menghemat uang belanja oleh-oleh Anda. Lagipula kalau membuatnya sendiri di rumah bisa dijadikan pengalaman, kan. Lebih lagi jika Anda menyimpan resep kue ladu khas Garut ini untuk di lain waktu.

Kue Ladu Khas Garut
Kue Ladu Khas Garut 
Semua orang mengira cara membuat kue ladu sangatlah susah. Bahan-bahannya juga tidak dimengerti setiap orang. Tapi, siapa sangka kalau ternyata ada resep kue ladu khas Garut yang memberikan rahasia resep dan cara pembuatannya untuk Anda. Tertarik untuk membuatnya, bukan?

Bahan:

  • ½ kg tepung ketan
  • 400 gram gula merah yang disisir halus
  • 400 ml santan dari 1 butir kelapa
  • ½ sendok teh garam
  • Daun pandan besar secukupnya. Dibuat takir kecil dengan ukuran 4 x 2 cm.

Cara Membuat:

  1. Langkah pertama adalah menyiapkan panci pengukus dan panaskan.
  2. Masukkan santan, tepung ketan dan garam. Aduk merata sampai benar-benar tercampur. Sisihkan.
  3. Siapkan takir-takir dari daun pandan dan masukka gula merah yang sudah disisir halus ke dalamnyaTuangkan adonan yang sudah tercampur ke atas gula merah tersebut.
  4. Lalu panaskan panci pengukus yang lain dan kukus adonan dalam takir selama setengah jam atau sekitar 30 menit dan sampai matang.
  5. Angkat kemudian tata di piring saji.
  6. Kue ladu siap dihidangkan

Anda juga bisa mengeluarkan kue ladu dari takir untuk kemudian ditata di piring saji. Jika ingin merasakan aroma daun pandan, tetap biarkan saja dan jangan dikeluarkan. Sensasi ketika membuka takir dan mencium aromanya pasti sangat dinanti-nanti keluarga Anda. Jajanan ini sangat cocok untuk dijadikan cemilan di waktu santai atau disuguhkan kepada tamu yang datang ke rumah Anda. Bersama teh dan kopi, akan melengkapi kenikmatan dari kue ladu. 

Sekian resep kue ladu khas Garut, semoga Anda bisa menyajikan hidangan yang istimewa bagi keluarga. Baca Juga : Resep Membuat Dodol Khas Garut

0 komentar:

Posting Komentar

Terimakasih Sudah berkunjung di blog saya :)

Komentar yang tertib ya :D