Ketik misal : ayam, bihun, khas padang, khas palembang

Sabtu, 05 September 2015

Resep Membuat Peuyeum Bendul Khas Purwakarta

Etik Iskundarti
Advertisement
Advertisement

Resep Peuyeum Bendul Khas Purwakarta – Peuyeum merupakan salah satu kuliner tradisional yang berasal dari Purwakarta. Meskipun kebanyakan orang mengira bahwa peuyeum berasal dari Bandung, akan tetapi sebenarnya makanan ini dikenalkan oleh seorang warga Desa Bendul, Purwakarta pada saat mengadu nasib di Bandung. Lalu, di sebuah daerah di Bandung pada akhirnya menjadi penghasil peuyeum terbesar. Makanan yang terbuat dari singkong yang difermentasikan ini banyak digemari karena selain rasanya yang enak, harganyapun sangat berkualitas.

Sebagian orang mengira membuat peuyeum sangatlah sulit. Makanya mereka lebih memilih membelinya daripada membuat sendiri di rumah. Padahal sebetulnya membuat hidangan ini dengan resep peuyeum bendul khas Purwakarta tidak sesulit yang dibayangkan. Bahan yang dibutuhkan pun tersedia di pasar dan toko terdekat di rumah Anda. Kalau Anda ingin mencoba membuatnya, Anda hanya perlu menyiapkan bahan-bahan yang dibutuhkan dan memperhatikan resep peuyeum bendul khas Purwakarta supaya dapat membuatnya dengan praktis.

Peuyeum Bendul Khas Purwakarta
Peuyeum Bendul Khas Purwakarta 
Anda perlu membaca resep peuyeum bendul khas Purwakarta ini dengan seksama, karena ada beberapa langkah penting yang harus dilakukan agar tercipta rasa peuyeum yang istimewa.

Bahan:

  • Singkong tua secukupnya
  • Ragi secukupnya
  • Air secukupnya
  • Daun pisang

Cara Membuat:

  1. Langkah pertama yang dilakukan adalah mengupas kulit singkong dengan pisau. Kemudian bersihkan dengan mencucinya.
  2. Masukkan kurang lebih 300 mililiter air ke dalam panci lalu didihkan.
  3. Taruh atau rebus singkong ke dalam air selama 30 menit.
  4. Lalu masukkan singkong yang sudah direbus ke dalam nyiru. Bubukkan lima buah ragi ke dalamnya sampai merata
  5. Masih pada langkah ini, masukkan singkong ke dalam baskom lalu bungkus dengan daun pisang. Agar kedap udara, tutup baskom dengan lap.
  6. Diamkan singkong yang ditutup dengan lap tersebut selama 48 jam atau sekitar dua hari (dua malam) sampai matang
  7. Peyeum pun siap untuk dihidangkan di piring saji.

Proses fermentasi ini untuk membuat singkong atau peuyeum menjadi lebih enak. Walaupun proses pembuatannya membutuhkan waktu yang sedikit lama, akan tetapi langkah-langkah yang dibutuhkan, kan tidak terlalu sulit selama Anda tetap mengikuti instruksi dari resep peuyeum bendul khas Purwakarta. Lebih enak disajikan untuk ngeteh dan ngopi di waktu santai Anda. Baca Juga : Resep Membuat Colenak Khas Purwakarta

Peuyeum ini ternyata bisa dijadikan olahan lain seperti colenak atau yang dikenal dengan dicocol enak. Makanan tersebut juga berasal dari Purwakarta. Oh, ternyata begitu asal muasalnya, begitulah komentar Anda kalau membaca setiap kalimat di resep peuyeum bendul khas Purwakarta ini. Kalau sudah tahu, bagaimanakah dengan Anda? Apakah akan langsung mengolahnya, atau hanya membaca dan kemudian tidak mempraktekkannya? Itu semua terserah Anda. Namun, jika memasak hidangan sendiri itu akan jauh lebih nikmat daripada membelinya. Selamat mengolah dan memasaknya!

0 komentar:

Poskan Komentar

Terimakasih Sudah berkunjung di blog saya :)

Komentar yang tertib ya :D

 


Suka

Langganan Resep Terbaru

Mengenai Saya

Foto saya

Aku suka masak, mulai suka blog baru kemarin :D ada yg bisa ajarin ? Ikuti aku ya bagi yg mau tau update artikel blog ku resep masakan sederhana