Ketik misal : ayam, bihun, khas padang, khas palembang

Sabtu, 05 September 2015

Resep Membuat Sagon Kacang Khas Sukabumi

etik iskundarti
Advertisement
Advertisement

Resep Sagon Kacang Khas Sukabumi – Sagon adalah sejenis kue kering yang berbentuk kotak atau persegi panjang. Makanan ringan yang terbuat dari bahan dasar kelapa parut ini memiliki rasa yang gurih dan lezat. Kombinasi kelapa parut dan kacang tanahnya memberikan sensasi tersendiri pada saat Anda menggigit kue ini. Sangat cocok dinikmati bersama keluarga di rumah saat santai di hari libur.

Rasanya yang sangat unik dan gurih ini dapat dijumpai di berbagai toko jajanan, terutama di daerah asalnya, Sukabumi, Jawa Barat. Makanan yang sudah tersebar di Indonesia ini sekarang banyak dikreasikan menjadi jajanan yang beraneka ragam. Ada yang dibakar, diolah dengan rasa yang unik dan sebagainya. Melihat teksturnya yang seperti pernah Anda coba, Anda pasti memikirkan sangat sulit membuat jajanan ini. Tapi, kenyataannya tidaklah demikian. Sagon kacang khas Sukabumi bisa dibuat sendiri dengan bantuan resep sagon kacang khas Sukabumi menjadi olahan yang istimewa. Anda berminat?

Sagon Kacang Khas Sukabumi
Sagon Kacang Khas Sukabumi 
Cara membuatnya sangatlah mudah dan bahan-bahannya juga tidak seaneh yang Anda pikirkan. Sangat praktis jika Anda benar-benar memperhatikan resep sagon kacang khas Sukabumi.

Bahan:

  • 300 gram kelapa kering instan
  • 150 gram kacang tanah bubuk
  • ¼ kg gula halus
  • 150 gram margarin
  • 1 putih telur
  • 2 kuning telur
  • 2 sdm susu bubuk
  • ¼ sdt vanili

Cara Membuat:

  1. Kocok gula halus dan vanili bubuk bersama margarin sampai lembut dan merata. Tambahkan telur. Kocok lagi sampai merata.
  2. Tambahkan kelapa parut kering, kacang bubuk dan susu bubuk. Aduk rata kembali.
  3. Siapkan loyang yang tidak diolesi margarin. Letakkan di atasnya ring bulat berdiameter 4 cm. Ambil adonan dan tuang di atas cetakan tersebut. Padat dan ratakan.
  4. Masukkan ke dalam oven selama seperempat jam atau sekitar 15 menit dengan suhu 140 derajat Celcius dan sampai warnanya berubah kuning kecoklatan
  5. Setelah itu angkat dan sajikan ke dalam piring saji. Jangan lupa untuk membiarkannya dingin sebelum memasukkannya ke dalam toples
  6. Sagon kacang khas Sukabumi siap untuk dinikmati.

Resep sagon kacang khas Sukabumi di atas dapat menghasilkan 800 gram sagon kacang. Tentu saja Anda bisa membuatnya lebih jika disuguhkan untuk jajanan tahun baru atau hari raya. Sagon dapat dikreasikan menjadi berbagai bentuk. Sebenarnya untuk bentuknya sendiri beragam, Anda bisa membuatnya sesuai selera karena saat ini sudah banyak cetakan kue dengan bentuk yang beraneka serta ukuran yang juga beragam. Jadikan sagon kacang ini sebagai persediaan camilan Anda, agar berkumpul bersama keluarga jadi jauh lebih nikmat.

Kalau Anda sudah mempraktekkan resep sagon kacang khas Sukabumi, jangan lupa bagi resepnya kepada saudara dan teman Anda agar mereka juga bisa membuat sagon dengan hebat serta tidak mengecewakan. Baca Juga : Resep Membuat Kue Jahe Khas Sukabumi

0 komentar:

Posting Komentar

Terimakasih Sudah berkunjung di blog saya :)

Komentar yang tertib ya :D