Ketik misal : ayam, bihun, khas padang, khas palembang

Jumat, 11 September 2015

Resep Membuat Sate Itik Brebes Khas Tegal

etik iskundarti
Advertisement
Advertisement

Resep Sate Itik Brebes Khas Tegal – Satu lagi olahan sate yang ada di Tegal selain sate kerang. Yaitu sate itik. Sate dengan bahan utama unggas ini rasanya sangat nikmat, apalagi tulang-tulangnya sudah dibuang. Kelembutan satenya jika dibandingan dengan sate ayam lebih lembut ini memang salah satu andalan dan digemari setiap orang. Orang Tegal pasti tahu olahan sate itik. Bahkan pernah mencicipinya. Dijual di berbagai rumah makan yang sudah tidak diragukan peminatnya. Anda juga termasuk salah satunya kah?

Kalau Anda benar-benar menyukai sate itik dan berniat untuk mencicipinya, tidak hanya di Tegal saja Anda bisa melakukannya. Namun, tidak perlu pergi ke mana-mana. Hanya di rumah Anda saja. Di dapur pribadi Anda, mengolah sate itik ini dengan resep sate itik brebes khas Tegal. Anda tidak mau kerepotan? Dipastikan bahwa Anda tidak akan kerepotan kalau sudah melihat bagaimana hasilnya nanti. Sabar saja, mengolah sendiri lebih baik, kok daripada membeli. Selain hemat, Anda juga bisa sekalian belajar serta dapat ilmunya, bukan?
Sate Itik Brebes Khas Tegal
Sate Itik Brebes Khas Tegal 
Cara mengolah sate itik ini sangatlah mudah. Sama dengan mengolah sate pada umumnya. Namun yang membedakan adalah bumbu-bumbunya yang khas dan menggiurkan lidah tersebut. Mari lanjutkan membaca resep sate itik brebes khas Tegal.

Bahan:

  • Daging itik secukupnya, potong dadu
  • Jeruk limau secukupnya
  • Kecap manis secukupnya
  • ¾ kg kacang goreng, buang kulitnya dan haluskan
  • ½ liter santan kental sedang
  • 5 lembar daun jeruk
  • 5 siung bawang putih, iris dan goreng
  • 3 batang serai
  • 2 lembar daun salam
  • 2 sendok makan gula merah, sisir
  • 1 sendok teh garam

Cara Membuat:

  1. Cuci bersih daging itik dan potong dadu. Sisihkan
  2. Panaskan panci yang sudah dituangi santan sampai mendidih.
  3. Kemudian masukkan serai, daun jeruk, daun salam, gula merah, garam dan bawang putih. Masak sebentar sambil diaduk supaya tercampur
  4. Rendam daging itik ke dalam bumbu tersebut kemudian bakar dengan bara api.
  5. Bolak-balik agar matangnya merata. Angkat.
  6. Sajikan di piring saji.
  7. Sate itik sudah siap dinikmati

Tambahkan sambal kecap atau sambal kacang untuk menikmati sate itik ini. Lebih nikmat kalau diberi taburan bawang goreng dan dimakan bersama lontong atau nasi putih. Hmm, harumnya membikin perut lapar. Sudah tidak sabar, bukan untuk mengkonsumsinya? Nikmati sajian ini bersama keluarga agar lebih lengkap kelezatannya. Baca Juga : Resep Martabak Telur Lebaksiu Khas Tegal

Oh, iya, sate itik ini tidak memiliki banyak lemak seperti sate ayam, lho. Jadi Anda bisa mengkonsumsinya tanpa khawatir kolesterol Anda bertambah. Yang penting jangan terlalu berlebihan, ya memakannya. Demikianlah resep sate itik brebes khas Tegal, semoga benar-benar membantu! Tetap memasak!

0 komentar:

Posting Komentar

Terimakasih Sudah berkunjung di blog saya :)

Komentar yang tertib ya :D