Ketik misal : ayam, bihun, khas padang, khas palembang

Selasa, 27 Oktober 2015

Resep Membuat Awok Ketan Khas Banyuwangi

Advertisement
Advertisement

Resep Awok Ketan Khas Banyuwangi – Kue awok ketan atau awuk-awuk ketan merupakan makanan tradisional yang dibilang hampir punah karena sulit ditemukan di saat ini. Kue dengan nama yang sangat unik ini memang sudah ada sejak jaman dulu. Rasanya yang sering disebut-sebut mirip dengan wingko ini memang lezat dan bikin orang ketagihan. Namun, bedanya dengan wingko adalah cara memasaknya, yakni awok dikukus dan wingko dipanggang. Tepung ketan, gula, dan parutan kelapa yang berpadu menjadi satu menjadikan makanan ini sangat khas di lidah masyarakat. Bahkan, kue ini dijadikan sebagai jajanan resmi di acara-acara tertentu, seperti arisan, syukuran dan lain-lainnya.

Kalau Anda sudah penasaran dengan rasa kue awok ini, silahkan membaca resep awok ketan khas Banyuwangi dan membuatnya sendiri di rumah. Caranya tidak terlalu sulit asalkan Anda sudah membaca resep tersebut sebelumnya dan memahaminya dengan baik. Hanya dengan beberapa langkah saja, hidangan nikmat sudah tersaji di hadapan Anda.
Awok Ketan Khas Banyuwangi
Awok Ketan Khas Banyuwangi
Maka dari itu, bagi Anda yang hobi membeli jajanan, coba sekarang ganti alternatif dengan mengolahnya sendiri di rumah seperti dengan resep awok ketan khas Banyuwangi ini. Supaya lebih hemat belanjanya!

Bahan:

  • 500 gram tepung ketan
  • 225 gram gula pasir
  • 2 sendok teh air kapur sirih
  • 1 butir kelapa setengah tua, parut
  • Garam secukupnya
  • Pewarna makanan secukupnya

Cara Membuat:

  1. Siapkan semua bahan yang digunakan untuk membuat awok ketan ini. Lalu campur semuanya, kecuali pewarna makanan.
  2. Aduk rata campuran tersebut sembari memercikkan air sedikit demi sedikit. Jangan lupa untuk tetap mengaduknya
  3. Kemudian bagi adonan menjadi dua bagian dan beri pewarna makanan warna merah pada salah satu adonannya. Biarkan adonan yang lain tetap berwarna putih.
  4. Ambil loyang dan alasi dengan daun pisang. Tuang adonan yang sudah Anda buat tadi, adonan putih terlebih dahulu kemudian baru adonan yang berwarna merah
  5. Kalau sudah, baru kukus selama 30 menit sampai matang. Angkat dan dinginkan beberapa saat sebelum dipotong sesuai selera
  6. Jika sudah dipotong, tata pada piring saji dan nikmati di waktu santai Anda.

Hmm, dari baunya saja sudah terasa nikmatnya. Itulah yang selalu dibayangkan setiap orang sebelum menyantap kue awok ketan ini. Berkat adanya resep awok ketan khas Banyuwangi, Anda jadi dapat membuat hidangan istimewa ini di rumah. Jangan lupa untuk menyimpan dan membagikan resep tersebut kepada teman-teman dan tetangga Anda supaya mereka juga bisa mendapat kebanggaan dari keluarga seperti Anda.

Baca Juga : Resep Membuat Jenang Waluh Khas Rembang
Demikianlah resep awok ketan khas Banyuwangi, semoga bermanfaat untuk Anda. Terus berkreasi dengan masakan dan jangan pernah berhenti berlatih. Salam koki!


0 komentar:

Posting Komentar

Terimakasih Sudah berkunjung di blog saya :)

Komentar yang tertib ya :D