Ketik misal : ayam, bihun, khas padang, khas palembang

Kamis, 22 Oktober 2015

Resep Membuat Bubuh Sumsum

etik iskundarti
Advertisement
Advertisement

Resep Bubuh Sumsum - Siapa yang belum mengenal salah satu jenis bubur tradisional ini? Pasti semua orang sudah mengenal panganan yang bernama bubuh sumsum. Bubuh sumsum ini adalah salah satu kuliner klasik yang masih eksis sampai saat ini. Bubuh sumsum sudah tersebar dimana-mana dengan variasi sesuai selera. Untuk mendapatkannya sangat mudah dan murah.

Bubuh sumsum sudah dikenal sejak dulu sebagai salah satu panganan tradisional Indonesia yang memiliki banyak sekali manfaat bagi kesehatan tubuh. Kalau kita suka bubur, wajib mencoba makanan yang satu ini. Bubuh sumsum merupakan makanan yang terdiri atas bubur beras yang lembut berwarna putih yang kemudian ditambahi saus yang berasal dari gula merah dicairkan.
Bubuh Sumsum
Bubuh Sumsum
Banyak orang mengonsumsi bubuh sumsum untuk hidangan pagi hari sebagai pengganti sarapan nasi. Bubuh sumsum terkenal karena kelembutan dari bubur berasnya yang ditambah dengan manisnya kuah dari gula cair. Perpaduan dua hal yang tentu akan membuat selera makan anda bangkit. Khasiat lain dari bubuh sumsum adalah sangat cocok untuk makanan orang yang sakit. Tentu anda sudah taka sing lagi, kalau ada orang yang sakit biasanya akan muntah bila makan nasi selain itu pencernaan kurang bisa bereaksi dengan makanan keras. Maka dari itu bubuh sumsum sangat dianjurkan bagi yang sedang sakit.

Sangat disayangkan kalau makanan khas ini hilang begitu saja ditelan zaman. Jangan sampai upaya kita dalam melestarikan makanan khas Indonesia tergerus oleh arus modernisasi yang tak terkontrol. Selain murah dan mudah, khasiat dari bubuh Sumsum sangat banyak. Dapat memperlancar proses pencernaan, terhindar dari bahan kimia karena bubuh sumsum ini bahannya tidak mengandung bahan pengawet dan pewarna sama sekali. Bagi ibu-ibu yang anaknya susah makan, bubuh sumsum bisa dicoba. Langsung saja kita simak, resep membuat bubuh sumsum yang enak dan lezat berikut ini:

Bahan membuat bubuh sumsum:

  • 250 gram tepung beras
  • Garam secukupnya
  • Daun pandan secukupnya
  • Air secukupnya

Bahan membuat gula cair:

  • Air
  • Gula
Cara membuat bubuh sumsum:
  1. Panaskan air sampai panas, kemudian tepung beras dimasukkan ke dalam air panas tersebut.
  2. Masukkan pandan yang sebelumnya sudah dicuci.
  3. Aduk sampai adonan tepung beras menjadi kental dan airnya sampai habis.
Cara membuat air gula
  1. Air dipanaskan sampai panas.
  2. Masukkan gula sampai tercampur semua dan sampai cair.
  3. Aduk sampai rata, angkat.

Baca Juga : Resep Membuat Kue Wajik Khas Jogja
Mudah bukan membuatnya, selain praktis juga sangat mudah didapatkan bahannya. Kita bisa membelinya di pasar tradisional, dll. Demikian artikel resep membuat bubuh sumsum, kurang lebihnya mohon maaf. Tetap semangat mengeksplorasi kekayaan kuliner di Indonesia. Jangan sampai meninggalkan kuliner khas nusantara.

0 komentar:

Posting Komentar

Terimakasih Sudah berkunjung di blog saya :)

Komentar yang tertib ya :D