Ketik misal : ayam, bihun, khas padang, khas palembang

Kamis, 29 Oktober 2015

Resep Membuat Rujak Bulung Buni

Etik Iskundarti
Advertisement
Advertisement

Resep Rujak Bulung Buni - Siapa yang tak mengenal rujak? Makanan yang pastinya ada di setiap daerah di Indonesia. Label pedas sudah pasti melekat pada makanan yang bernama rujak ini. Rujak yang kita kenal adalah racikan beraneka irisan buah dengan sambal rujak yang manis dan pedas. Tapi apakah rujak bulung juga seperti itu?

Rujak bulung merupakan salah satu makanan khas Bali yang banyak diminati. Jika Anda orang asli Bali pasti sangat paham apa itu rujak bulung. Bulung merupakan nama lain dari rumput laut, jadi bulung adalah istilah yang digunakan orang Bali untuk menyebut rumput laut. Bahan dasar rujak ini adalah rumput laut. Sangat unik bukan? Karena makanan ini hanya Anda temukan di Bali.

Rujak Bulung Buni
Rujak Bulung Buni

Bulung sendiri memang banyak dijumpai di Bali, bahkan di daerah kita juga ada. Namun ada bulung buni yang tak banyak ditemui di Bali. Jenis rumput laut ini hanya dapat ditemui di daerah pantai serangan, Bali. Sehingga rumput laut jenis ini sangat langka. Bentuk dari bulung buni sendiri sedikit berbeda dibanding bulung yang lain. Bentuknya seperti daun namun mempunyai kantong yang berisi cairan.

Rujak bulung buni adalah rujak khas Bali yang sangat unik dengan bahan dasar rumput laut, berbeda dari umumnya rujak yang sering kita jumpai. Uniknya lagi rujak ini biasanya dicampuri dengan kuah pindang. Sensasi rasa yang dihadirkan begitu unik ketika kita mengunyah bulung buni, terasa kriuk di mulut dengan sensasi kuah yang pedas dan begitu gurih.

Anda jadi bersemangat untuk mencoba rujak khas Bali yang unik ini bukan? Tenang, Anda tak perlu khawatir untuk menikmati rujak bulung buni ini tak harus ke Bali, bisa Anda buat sendiri di rumah dengan resep sederhana berikut ini.

Bahan-bahan yang disiapkan

  • 300 gram bulung buni yang masih segar
  • 1 sendok sayur kuah pindang
  • Air es secukupnya untuk merendam
  • Air untuk merebus bulung buni
  • jeruk limau
Bahan bumbu kelapa
  • Seperempat butir kelapa yang dibakar kemudian parut
  • Sedikit lengkuas yang diparut

Bahan bumbu rujak

  • 2 buah cabe merah
  • Terasi bakar sedikit
  • Garam
  • Gula paasir
Cara pembuatan bulung buni
  1. Rebus air hingga mendidih, kemudian masukkan bulung buni sebentar saja ke dalam air tersebut, tiriskan.
  2. Buat bumbu kelapa dahulu, siapkan wadah untuk mencampurkan parutan kelapa dengan lengkuas yang telah diparut dan diberi kuah pindang, aduk hingga merata, kemudian sisihkan bumbu ini.
  3. Buatlah bumbu rujaknya dengan mengulek atau menghaluskan cabe merah, terasi bakar,garam, dan gula pasir.
  4. Kemudian siapkan bulung buni dalam sebuah piring, tata rapi.
  5. Campurkan antara bumbu rujak dengan bumbu kelapa kemudian siramkan ke atas bulungan buni.
  6. Kemudian beri perasan sedikit perasan air jeruk limau.

Baca Juga : Resep Membuat Rujak Manis Khas Malang
Rujak khas Buleleng Bali ini nikmat jika disajikan ketika siang hari, sensasi segar bulung buni akan sangat menggoda lidah Anda. selain itu bagi pecinta makanan pedas, bisa memilih jumlah cabe pada bumbu rujak sesuai selera.

0 komentar:

Poskan Komentar

Terimakasih Sudah berkunjung di blog saya :)

Komentar yang tertib ya :D

 


Suka

Langganan Resep Terbaru

Mengenai Saya

Foto saya

Aku suka masak, mulai suka blog baru kemarin :D ada yg bisa ajarin ? Ikuti aku ya bagi yg mau tau update artikel blog ku resep masakan sederhana