Ketik misal : ayam, bihun, khas padang, khas palembang

Jumat, 23 Oktober 2015

Resep Membuat Rujak Manis Khas Malang

etik iskundarti
Advertisement
Advertisement

Resep Rujak Manis Khas Malang - Berbicara tentang rujak memang tidak ada habisnya. Rujak banyak ditemukan di berbagai daerah di Indonesia. Rujak sangat digemari semua orang karena ciri khas rasanya yang pedas, manis, dan segar akan menambah kenikmatan jika disantap saat siang hari.

Rujak banyak macamnya, ada rujak buah dan sayur. Untuk saat ini kita akan membahas tentang rujak buah. Rujak buah juga biasa disebut dengan rujak manis. Ini disebabkan karena rasa manis dan pedas yang dominan pada makanan ini.
Rujak Manis Khas Malang
Rujak Manis Khas Malang
Makanan ini biasanya diisi dengan buah-buahan segar seperti mangga yang masih muda. Namun tidak harus demikian, bila Anda termasuk orang yang kurang suka dengan buah yang masih asam, bisa diganti buah-buahan lain disesuaikan selera. Rujak manis ini lebih identik pada bumbu rujaknya. Makanan ini tak hanya diminati oleh ibu hamil yang sedang ngidam, tetapi bisa siapapun yang ingin menikmati aneka kesegaran buah dalam rujak manis bumbu kacang ini.

Rujak ini pun sangat mudah dibuat dan bahan-bahannya pun sangat mudah ditemukan di daerah sekitar Anda. Tak perlu berlama-lama lagi, simak resep dan cara membuat rujak manis berikut ini, kemudian Anda praktikkan.

Bahan utama bumbu rujak

  • 200 gram kacang tanah goreng
  • 5 buah cabe rawit atau sesuaikan selera Anda
  • 150 gram gula merah
  • Terasi dibakar/goreng secukupnya
  • 1 sendok teh asam jawa dicampur dengan 3 sendok makan air
  • Garam seperlunya
Buah-buahan yang disiapkan (buah bisa diganti, sesuaikan selera Anda)
  • 1 buah nanas
  • 1 buah mangga
  • 1 buah bengkuang
  • 1 buah pepaya (ambil seperlunya saja)
  • 1 buah mentimun
  • Tambahkan tahu goreng (potong-potong)

Cara membuat rujak manis yang lezat

  1. Pertama kupas kulit buah, cuci hingga bersih semua buah yang akan dibuat rujak.
  2. Potong dan iris buah-buahan yang sudah dibersihkan tadi, untuk ukuran sesuaikan selera Anda. tempatkan pada wadah bersih, pisah-pisahkan sesuai jenis buahnya, jangan dicampur.
  3. Siapkan cobek dan ulekan. Kemudian buat bumbu rujak dengan memasukkan kacang tanah goreng, cabe, garam, dan terasi. Ulek hingga tercampur rata. Untuk kacang tanahnya ulek kasar saja.
  4. Masukkan gula merah yang telah dipotong-potong ke dalam ulekan bumbu rujak, kemudian tambahkan air asam jawa.
  5. Aduk kembali bumbu rujak hingga tercampur rata, kemudian pindahkan ke dalam wadah bersih.
  6. Siapkan potongan buah yang telah siap, tata pada piring saji. Sajikan buah bersama bumbu rujak dalam mangkuk kecil. Rujak manis pun telah siap untuk dinikmati.

Baca Juga : Resep Membuat Thiwul Khas Jogja
Waktu yang tepat untuk menikmati kesegaran rujak manis ini adalah waktu siang hari. Selain itu untuk Anda yang sangat hobi memakan rujak, bisa menyiasatinya dengan membuat bumbu rujak dalam jumlah banyak kemudian simpan di dalam kulkas. Jadi sewaktu-waktu Anda ingin makan rujak manis hanya tinggal menyiapkan buah-buahan segarnya saja.

0 komentar:

Posting Komentar

Terimakasih Sudah berkunjung di blog saya :)

Komentar yang tertib ya :D