Ketik misal : ayam, bihun, khas padang, khas palembang

Minggu, 08 November 2015

Resep Membuat Kacang Bogares Khas Tegal

etik iskundarti
Advertisement
Advertisement

Resep Kacang Bogares Khas Tegal – Apa camilan paling seru di Tegal? Kacang bogares. Ya, benar sekali, kacang bogares merupakan makanan yang terbuat dari kacang tanah lalu digarami dan diolah sedemikian rupa sehingga menghasilkan sebuah camilan yang sangat lezat. Rasanya asin namun tetap memiliki ciri khas tersendiri. Gurihnya yang menggoda sangat cocok dinikmati saat sedang santai.

Di kota asalnya, yaitu Tegal, kacang bogares tumbuh dalam industri rumah tangga yang semakin merajalela. Bahkan olahan makanan ini menjadii sumber penghasilan utama di daerah Bogares dan terkenal di berbagai daerah, lho. Bisa dibayangkan jika Anda menjadi orang yang bisa mengolahnya menggunakan resep kacang bogares khas Tegal. Anda pasti tidak perlu memesan jajanan untuk lebaran maupun acara-acara tertentu. Sebanding bukan, jika Anda membuatnya sendiri Anda bisa menentukan anggarannya. Sedangkan kalau membeli harga perbungkusnya, atau sekitar 2 ons adalah Rp10.000.
Kacang Bogares Khas Tegal
Kacang Bogares Khas Tegal
Meskipun proses pembuatannya dengan resep kacang bogares khas Tegal cukup lama, dengan hasil yang nikmatnya keterlaluan, tidak akan membuat Anda menyesal, kok. Coba saja dulu dengan membaca serta memahami isi resep kacang bogares khas Tegal di bawah ini.

Bahan:

  • Kacang tanah kulit secukupnya
  • Garam secukupnya
  • Pasir secukupnya untuk menggoreng

Cara Membuat:

  1. Pertama-tama siapkan kacang untuk direndam menggunakan air tawar selama kurang lebih 4 jam.
  2. Setelah itu cuci bersih kacang tersebut dan rendam kembali menggunakan air garam semalaman
  3. Angkat dan jemur sekitar 12 jam atau seharian. Jangan sampai kacang terlalu kering pada proses penjemuran ini
  4. Siapkan pasir yang sudah Anda cuci bersih sebelumnya kemudian letakkan di atas wajan. Gunakan kayu sebagai bahan bakarnya
  5. Sangrai kacang tersebut kurang lebih setengah jam. Dalam proses ini Anda harus tetap mengaduknya, tidak boleh didiamkan
  6. Kalau sudah cukup matang, angkat dan ayak menggunakan ayakan khusus supaya terpisah dari pasir
  7. Setelah itu letakkan pada wadah dan angin-anginkan. Anda bisa menggunakan kipas angin untuk mendinginkan dan menghilangkan pasirnya
  8. Kalau sudah, silahkan simpan di toples supaya kenikatannya tetap awet. Selamat menikmati

Kacang bogares ini bisa Anda gunakan sebagai oleh-oleh untuk saudara Anda juga, lho. Atau jika Anda berniat menjualnya, silahkan menyiapkan wadah yang sesuai seperti plastik tebal ataupun toples plastik sesuai selera. Sudah pasti laku, karena kacang adalah jajanan yang paling disukai orang terutama kalau sedang berkumpul dengan teman-teman. Tapi, Anda harus tetap membuatnya dengan resep kacang bogares khas Tegal, ya!

Baca Juga : Resep Membuat Manisan Pedas Salak Bali
Nah, usah sudah resep kacang bogares khas Tegal. Semoga Anda suka dengan hasilnya. Selamat berkreasi, berlatih dan menghidangkan sajian istimewa. Salam koki untuk Anda!

0 komentar:

Posting Komentar

Terimakasih Sudah berkunjung di blog saya :)

Komentar yang tertib ya :D