Ketik misal : ayam, bihun, khas padang, khas palembang

Jumat, 06 November 2015

Resep Membuat Kue Puthu Lanang Khas Malang

etik iskundarti
Advertisement
Advertisement

Resep Kue Puthu Lanang Khas Malang – Putu merupakan makanan tradisional khas Indonesia. Kue ini terbuat dari butiran kasar tepung beras yang diisi gula merah serta disajikan bersama parutan kelapa. Biasanya makanan ini berbentuk lonjong dan memiliki rasa yang sangat lezat. Anda bisa menikmatinya di pinggir jalan yang dijual bersama kacang dan juga gorengan lainnya. Tapi, kalau Anda tidak ingin membelinya, masih ada alternatif lain yang bisa dilakukan.

Ya, dengan membuatnya menggunakan resep kue puthu lanang khas Malang, Anda akan bisa menghadirkannya di rumah untuk keluarga. Cara membuatnya sangatlah mudah, tidak membutuhkan waktu yang lama pula. Silahkan menyiapkan semua bahan-bahan yang dibutuhkan setelah membaca dan memahami isi dari resep kue puthu lanang khas Malang. Mari simak kelanjutan isi resepnya. Silahkan membacanya, ya!
Kue Puthu Lanang Khas Malang
Kue Puthu Lanang Khas Malang
Bahan:

  • ½ sendok teh garam
  • ½ sendok teh pewarna makanan hijau
  • 1 ¼ ons gula merah, sisir tipis
  • 1 ½ ons kelapa parut, dikukus dengan garam secukupnya
  • 2 lembar daun pandan
  • 3 ¾ ons tepung beras kering
  • 300 ml air

Cara Membuat:

  1. Pertama, silahkan merebus air beserta daun pandan, garam dan pewarna makanan sampai mendidih. Angkat lalu diamkan sebentar sampai agak hangat.
  2. Tuang campuran tersebut ke dalam tepung beras sedikit demi sedikit sembari diaduk menggunakan tangan sampai berbutir-butir halus
  3. Ambil saringan kasar dan masukkan adonan tepung tersebut. Gosok-gosokkan sampai adonan membentuk butiran halus. Tampung dalam wadah
  4. Siapkan cawan ukuran 30 ml dan tuang ½ sendok makan adonan tepung tersebut. Lubangi bagian tengahnya menggunakan jari telunjuk, masukkan gula Jawa di dalamnya lalu tutup dengan adonan tepung ½ sendok makan lagi, namun jangan ditekan.
  5. Ratakan adonan tersebut lalu balikkan cetakan ke atas loyang yang sudah dialasi daun pisang. Angkat cetakan tersebut. Atur jarak antara adonan yang sudah dicetak, jangan sampai berdekatan
  6. Setelah itu kukus dengan api besar selama 10 menit. Angkat dan sajikan di piring saji. Taburi parutan kelapa dan santap ketika masih panas.

Resep kue puthu lanang khas Malang akan memberikan tips untuk Anda yang menggunakan bambu sebagai cetakannya. Masukkan daun pandan atau daun pisang yang sudah dipotong kecil sebagai alas cetakan lalu isi dengan tepung dan gula. Letakkan bambu tersebut dalam keadaan berdiri tepat di atas lubang kukusan. Lalu jika Anda ingin menggunakan pewarna, silahkan pakai daun suji agar lebih alami. Baca Juga : Resep Membuat Kupang Lontong Khas Pasuruan

Itulah resep kue puthu lanang khas Malang. Semoga hidangan Anda tersaji dengan istimewa dan bisa disantap bersama keluarga. Selamat berkreasi dengan masakan Anda dan salam koki!

0 komentar:

Posting Komentar

Terimakasih Sudah berkunjung di blog saya :)

Komentar yang tertib ya :D