Ketik misal : ayam, bihun, khas padang, khas palembang

Selasa, 10 November 2015

Resep Membuat Tahwa Khas Malang

Etik Iskundarti
Advertisement
Advertisement

Resep Tahwa Khas Malang – Di Indonesia banyak sekali minuman hangat tradisional yang sudah ada sejak dulu. Salah satu minuman yang paling melegenda adalah wedang ronde. Minuman hangat ini sudah sangat terkenal dan bisa ditemui di beberapa daerah dengan mudah. Banyak pula yang menjajakannya dengan cara berkeliling membawa gerobak ketika malam hari datang. Namun, sebenarnya masih banyak minuman hangat yang wajib Anda kenali seperti tahwa ini.

Tahwa merupakan minuman hangat yang terbuat dari resep tahwa khas Malang yang mirip dengan ronde dan sekoteng atau mungkin perpaduan keduanya. Tapi, sebenarnya tahwa ini sangat berbeda dengan kedua minuman hangat tersebut. Walaupun tidak lebih terkenal dari keduanya, ternyata tahwa ini memiliki rasa yang khas dan berkhasiat untuk menghangatkan tubuh. Minuman yang merupakan sejenis kembang tahu dan diberi kuah jahe ini memiliki rasa yang lembut dan hangat. Anda bisa meminumnya ketika musim dingin datang.

Tahwa Khas Malang
Tahwa Khas Malang
Anda bisa membuat minuman ini di rumah dengan resep tahwa khas Malang. Proses pembuatannya sangat mudah dan dijamin Anda bisa mengikutinya dengan cepat.

Bahan:

  • 2 gelas susu kedelai tawar
  • Kacang tanah goreng secukupnya
  • 1 sendok teh agar-agar bubuk putih

Bahan Kuah Jahe:

  • 1.000 ml air
  • 1 1/5 ons gula merah, sisir halus
  • ½ ons jahe, kupas dan iris tipis
  • 1 lembar daun pandan, potong-potong
  • 1 sendok makan gula pasir

Cara Membuat:

  1. Setelah menyiapkan semua bahan yang diperlukan, Anda bisa memasak susu kedelai tawar di atas bersama agar-agar bubuk sampai mendidih.
  2. Kemudian angkat dan dinginkan dalam kulkas selama beberapa saat.
  3. Sementara itu Anda bisa merebus semua bahan kuah jahe sampai mendidih sembari diaduk-aduk. Angkat lalu sisihkan juga
  4. Ambil pudding yang sudah Anda dinginkan di kulkas tadi lalu sendokki dan tata di mangkuk saji
  5. Setelah itu siram dengan kuah jahe sembari menambahkan kacang goreng sebagai pelengkap.
  6. Hidangkan selagi masih hangat

Tahwa ini memang sangat cocok kalau dihidangkan di malam hari sebagai pengusir udara dingin. Rasanya yang sangat khas dan memang menghangatkan suhu tubuh ini sudah Anda olah dengan sedemikian rupa bersama resep tahwa khas Malang. Anda bisa menambahkan sedikit garam pada kuah jahenya untuk memberi rasa yang berbeda. 
Namun, sebagian orang tidak mempergunakan garam karena dirasa kurang menyukainya.

Baca Juga : Resep Membuat Awok Ketan Khas Banyuwangi
Akan tetapi, kalau Anda sudah bisa membuatnya dengan resep tahwa khas Malang di rumah secara mudah dan berhasil, silahkan menyimpan resep ini di bookmark sekaligus membagikannya kepada tetangga dan teman-teman. Hal itu supaya mereka bisa menghadirkan minuman hangat setiap saat di rumah dan membahagiakan keluarga. Salam koki!

0 komentar:

Poskan Komentar

Terimakasih Sudah berkunjung di blog saya :)

Komentar yang tertib ya :D

 


Suka

Langganan Resep Terbaru

Mengenai Saya

Foto saya

Aku suka masak, mulai suka blog baru kemarin :D ada yg bisa ajarin ? Ikuti aku ya bagi yg mau tau update artikel blog ku resep masakan sederhana