Ketik misal : ayam, bihun, khas padang, khas palembang

Rabu, 02 Desember 2015

Resep Membuat Dulinat Khas Kalimantan Selatan

Advertisement
Advertisement

Resep Dulinat Khas Kalimantan Selatan – Kue khas Indonesia memang tidak ada duanya. Berbagai jenis, bentuk, warna, tekstur dan rasa kue yang nikmat bisa Anda jumpai di negeri ini. Tersebar di berbagai daerah membuat makanan khas Indonesia jadi beragam, baik bahan maupun bumbu dan proses pembuatan. Untuk itu, jangan heran bila Anda menemukan makanan di salah satu daerah yang mirip dengan di daerah lain seperti kalalapon atau juga dulinat khas Kalimantan Selatan ini.

Dulinat merupakan makanan khas Banjar yang menggunakan singkong dan gula merah sebagai bahan utamanya. Makanan ini disebut-sebut mirip dengan jemblem yang ada di Pulau Jawa. Memang benar jika dilihat dari dan cara penyajiannya. Tapi tentu saja setiap daerah memiliki kekhasan yang tidak dimiliki daerah lain, seperti resep dulinat khas Kalimantan Selatan ini.
Dulinat Khas Kalimantan Selatan
Dulinat Khas Kalimantan Selatan
Untuk membuktikan kekhasan rasanya, Anda bisa membuat kue ini di rumah dengan resep dulinat khas Kalimantan Selatan. Bahan-bahan yang diperlukan tidak terlalu sulit dan cara membuatnya pun sangatlah sederhana. Jika hidangannya sudah jadi, Anda tidak perlu membeli kue untuk camilan maupun sajian tamu yang datang. Jadi, perhatikan baik-baik isi resep dulinat khas Kalimantan Selatan di bawah ini.

Bahan:

  • Singkong secukupnya
  • Gula merah secukupnya, sisir halus
  • Minyak goreng secukupnya

Cara Membuat:

  1. Langkah pertama adalah menyiapkan bahan-bahan yang Anda gunakan untuk membuat dulinat khas Kalimantan Selatan
  2. Setelah itu, kupas singkong dan cuci sampai bersih. Potong-potong menjadi beberapa bagian agar mudah diparut
  3. Kalau sudah, parut singkong tersebut sampai halus dan tapis menggunakan kain hingga sari patinya habis
  4. Berikutnya, ambil kira-kira segenggam parutan singkong yang sudah kering. Bentuk bulat dan pipihkan.
  5. Letakkan gula merah yang telah Anda sisir tadi lalu tutup kembali dengan membulatkannya. Lakukan langkah ini sampai adonan dulinat habis
  6. Sesudah itu, panaskan minyak untuk menggoreng dulinat hingga berubah warna menjadi kecoklatan dan matang
  7. Angkat lalu tiriskan dan sajikan di piring saji. Dulinat khas Kalimantan Selatan siap dinikmati

Makanan dari resep dulinat khas Kalimantan Selatan ini memang sangat cocok jika disantap bersama kopi yang masih hangat dan sambil nonton televisi maupun ngobrol dengan keluarga. Kebersamaan yang tercipta akan lebih terasa jika Anda menyajikannya untuk acara penting di rumah Anda bersama keluarga. Maka dari itu, Anda harus menyimpan resep dulinat khas Kalimantan Selatan ini dengan baik-baik di bookmark, ya!

Baca Juga : Resep Membuat Putu Mayang Khas Kalimantan Selata
Selesai sudah resep dulinat khas Kalimantan Selatan. Selamat memasak dan mengolahnya sebelum mencicipi kelezatan rasanya dengan keluarga. Jangan lupa untuk tetap memasak dan menyajikan kreasi hidangan Anda, ya! Salam koki dan berkreasi dengan baik!

0 komentar:

Posting Komentar

Terimakasih Sudah berkunjung di blog saya :)

Komentar yang tertib ya :D