Ketik misal : ayam, bihun, khas padang, khas palembang

Sabtu, 05 Desember 2015

Resep Membuat Wajik Khas Kalimantan Selatan

Advertisement
Advertisement

Resep Wajik Khas Kalimantan Selatan – Wajik adalah makanan khas Indonesia yang sudah terkenal di berbagai penjuru. Makanan ini banyak ditemukan, terutama di Pulau Jawa. Rasanya yang manis, lezat dan mengenyangkan seringkali dijadikan menu buka puasa, camilan atau sajian bagi para tamu yang hadir di acara tertentu. Banyak orang yang menyukai karena teksturnya yang lembut dan rasanya yang unik serta menarik. Anda pun mungkin pernah merasakan kenikmatan rasanya, bukan?

Namun, ternyata Kalimantan Selatan memiliki kuliner khas yang sama. Wajik khas Pulau Jawa juga banyak ditemukan di tempat tinggal orang Banjar tersebut. Bahan-bahan yang digunakan untuk membuatnya adalah beras ketan, santan, daun pandan dan aneka bahan serta penyedap rasa lainnya. Masyarakat sekitarpun tetap setia dengan resep wajik khas Kalimantan Selatan yang sampai saat ini masih melegenda.
Wajik Khas Kalimantan Selatan
Wajik Khas Kalimantan Selatan
Bagi Anda yang sudah penasaran ingin membedakan rasa dari keduanya, silahkan mengolah makanan ini dengan resep wajik khas Kalimantan Selatan. Panduan tersebut sudah tersedia di depan Anda dan akan menuntun Anda membuatnya dengan sangat mudah. Jumlah bahan yang digunakan juga tidak terlalu banyak. Yang terpenting adalah Anda bisa mengolah bahan-bahan yang simple tersebut menjadi hidangan khas dengan rasa nikmat dari resep wajik khas Kalimantan Selatan di bawah ini.

Bahan:
  • 1 liter beras ketan
  • 1 butir kelapa
  • 250 gram gula
  • 1 liter santan kental
  • Daun pandan secukupnya
  • Garam secukupnya
Cara Membuat:
  1. Persiapkan bahan-bahan dan alat yang digunakan untuk membuat wajik lalu lakukan langkah pertama
  2. Ambil ketan dan taruh di wadah untuk direndam bersama air sekitar setengah jam. Angkat kemudian cuci sampai bersih
  3. Lalu kukus ketan yang sudah bersih hingga setengah matang. Matikan kompor dan sisihkan dulu
  4. Rebus santan bersama gula merah, daun pandan dan garam hingga agak berminyak. Lalu masukkan ketan setengah matang tadi ke dalamnya
  5. Aduk-aduk campuran tersebut sampai rata dan santan habis. Angkat lalu dinginkan sebentar.
  6. Kalau sudah, bentuk wajik sesuai selera dan siap untuk disajikan di piring saji
  7. Wajik khas Kalimantan Selatan siap dinikmati
Nah, selesai sudah mengolahnya dengan resep wajik khas Kalimantan Selatan. Semoga Anda puas dengan panduan yang kami berikan. Tidak terlalu sudah dan tidak terlalu mudah. Tergantung bagaimana Anda membuatnya dengan kecermatan. Selanjutnya, silahkan menghidangkan makanan ini di piring saji dan segera taruh di meja makan untuk keluarga Anda yang mungkin saja membutuhkannya sebagai teman minum kopi dan bersantai. Baca Juga : Resep Membuat Putu Mayang Khas Kalimantan Selatan

Setelah menyantap makanan dari resep wajik khas Kalimantan Selatan ini Anda pasti tidak akan kelaparan, karena memang sangat mengenyangkan. Salam koki!

0 komentar:

Posting Komentar

Terimakasih Sudah berkunjung di blog saya :)

Komentar yang tertib ya :D