Ketik misal : ayam, bihun, khas padang, khas palembang

Rabu, 03 Februari 2016

Resep Membuat Papuyu Baubar Khas Kalimantan Selatan

Advertisement
Advertisement

Resep Papuyu Baubar Khas Kalimantan Selatan – Ikan papuyu merupakan salah satu jenis ikan yang banyak ditemui di Indonesia. Anda kurang mengenalnya, karena mungkin beberapa daerah menyebutnya dengan nama berbeda, seperti daerah Anda. Di Jawa, ikan tersebut disebut dengan ikan betok atau ikan betik, sedangkan di Padang disebut puyu-puyu. Kalau di Manado disebut geteh-geteh. Nah, sebenarnya Anda tahu ikan ini, bukan?

Kalau papuyu baubar? Apakah Anda mengenal makanan ini dengan baik? Hidangan khas orang Banjar ini berasal dari Kalimantan Selatan. Sesuai dengan namanya, makanan ini menggunakan ikan papuyu sebagai bahan utamanya. Baubar sendiri bisa diartikan dengan bakar. Jadi papuyu baubar adalah ikan papuyu yang dibakar. Seperti ikan bakar biasa, namun diolah dengan istimewa menggunakan resep papuyu baubar khas Kalimantan Selatan.
Papuyu Baubar Khas Kalimantan Selatan
Papuyu Baubar Khas Kalimantan Selatan
Jika Anda berkunjung ke Kalimantan Selatan, makanan ini bisa ditemukan di manapun. Dengan harga yang bervariasi serta rasa yang istimewa, Anda bisa langsung membelinya untuk dimakan bersama keluarga ketika perjalanan pulang. Anda juga bisa menyantapnya langsung sebagai pengganjal perut ketika lapar dan akan melakukan perjalanan ke tempat wisata. Makanan dengan resep papuyu baubar khas Kalimantan Selatan ini pasti akan membantu Anda membangkitkan selera!

Silahkan mengolahnya di rumah dengan resep papuyu baubar khas Kalimantan Selatan bila Anda ingin segera mencicipinya. Anda langsung bisa menyiapkan bahan serta bumbu yang digunakan. Tidak terlalu banyak dan prosesnya pun tidak akan rumit! Baca dan pahami saja keseluruhan isi resep di bawah ini!

Bahan:

  • 500 gram ikan papuyu
  • Minyak goreng untuk mengoles

Bumbu:

  • Asam Jawa secukupnya
  • Garam secukupnya
  • 2 siung bawang putih
  • Minyak goreng untuk mengoles

Cara Membuat:

  1. Siapkan bahan dan bumbu yang dibutuhkan untuk membuat papuyu baubar khas Kalimantan Selatan
  2. Kemudian Anda bisa mencuci ikan papuyu sampai bersih dan meniriskan serta menyisihkannya sebentar
  3. Lalu, campur bawang putih, garam dan asam Jawa untuk dihaluskan dan diaduk sampai merata
  4. Masukkan ikan papuyu yang sudah dibersihkan ke dalamnya dan aduk hingga rata lalu diamkan selama 15 menit
  5. Angkat lalu bakar di atas bara api sembari diolesi minyak sampai matang. Angkat dan sajikan di piring saji untuk dinikmati

Makanan ini bisa langsung Anda nikmati bersama nasi putih yang masih hangat serta sambal goreng atau sambal terasi. Pasti akan terasa nikmatnya, karena diolah dengan resep papuyu baubar khas Kalimantan Selatan. Selain itu, Anda juga menikmatinya dengan lengkap jika disantap beserta sambalnya. Baca Juga : Resep Membuat Koyabu Khas Sulawesi Utara

Kenikmatan itu tidak berarti apa-apa jika Anda tidak menyantapnya bersama keluarga! Makanan dengan resep papuyu baubar khas Kalimantan Selatan memang cocok jika dimakan beramai-ramai! Nah, salam koki, ya!

0 komentar:

Posting Komentar

Terimakasih Sudah berkunjung di blog saya :)

Komentar yang tertib ya :D