Ketik misal : ayam, bihun, khas padang, khas palembang

Selasa, 29 Maret 2016

Resep Membuat Sambal Roa Khas Sulawesi Utara

Advertisement
Advertisement

Resep Sambal Roa Khas Sulawesi Utara – Sudah pernah disebutkan sebelumnya bahwa kuliner khas Manado, Sulawesi Utara sangat dominan denga seafoodnya. Banyak yang menyebut, daerah tersebut sebagai kota seafood karena kulinernya yang lezat dan menarik hati serta bercita rasa tinggi. Tak terkecuali dengan kuliner yang satu ini, yaitu sambal roa khas Sulawesi Utara.

Meskipun banyak sambal yang pernah Anda temui di Indonesia, seperti sambal bawang, sambal tomat, sambal terasi, sambal ijo, sambal dabu-dabu dan masih banyak lagi, Anda pasti akan tertarik dengan sambal yang satu ini. Dibuat dengan resep sambal roa khas Sulawesi Utara dengan campuran ikan roa beserta bumbu-bumbu yang dihaluskan membuat cita rasanya lebih nikmat daripada sambal jenis lainnya.
Sambal Roa Khas Sulawesi Utara
Sambal Roa Khas Sulawesi Utara
Bila Anda penasaran dan ingin mencoba, silahkan mampir ke Manado saat sedang berlibur ke sana. Menyantapnya tidak perlu dengan tambahan apapun, hanya nasi putih dan kerupuk renyah saja. Pasti akan lebih nikmat kalau minumnya es teh atau es jeruk peras. Yang penting, kekhasan rasa yang diberikan masyarakat Manado tidak terganti, tetap bertahan dengan resep sambal roa khas Sulawesi Utara.

Kalau Anda ingin mengolahnya, gunakan resep tersebut sebagai panduan sekaligus referensi. Anda akan dapat mengolahnya dengan mudah apabila mengikuti semua yang ada dalam resep sambal roa khas Sulawesi Utara. Maka kuncinya, silahkan membaca resep tersebut dari awal sampai akhir, ya!

Bahan:

  • 1 ons ikan roa, dipanggang
  • 1 sendok teh garam
  • 1 sendok teh gula
  • 1 buah tomat merah, iris kecil
  • Minyak sayur secukupnya

Bumbu Halus:

  • 10 buah cabai merah
  • 4 buah cabai rawit merah
  • 10 butir bawang merah
  • 6 butir bawang putih

Cara Membuat:

  1. Langkah pertama adalah membersihkan ikan roa dengan cara mencucinya menggunakan air lalu pangganglah sampai matang
  2. Pisah bagian dagingnya dengan cara mencubit-cubit kecil lalu menghaluskannya. Setelah itu, masaklah ikan yang sudah dihaluskan dalam wajan tanpa minyak sampai harum
  3. Sisihkan dulu untuk menumis bumbu halus sampai harum dan matang. Masukkan garam, gula, irisan tomat dan daging roa tadi
  4. Aduk-aduk supaya bumbu tercampur rata. Angkat lalu sajikan di piring saji untuk segera dinikmati

Baca Juga : Resep Membuat Buras Khas Kalimantan Selatan
Resep sambal roa khas Sulawesi Utara di atas akan menghasilkan 8 porsi hidangan. Anda bisa langsung menyantapnya saat makan siang. Bagi yang tidak kuat pedas, kurang cabai yang digunakan. Namun, bila Anda tertantang untuk naik ke level kepedasan yang lebih tinggi silahkan menambah cabai rawit sesuai selera.

Akhir kata, semoga hidangan Anda dengan resep sambal roa khas Sulawesi Utara berhasil dan tersaji dengan istimewa. Salam koki dan selamat berkreasi lewat resep-resep kami berikutnya!

0 komentar:

Posting Komentar

Terimakasih Sudah berkunjung di blog saya :)

Komentar yang tertib ya :D