Ketik misal : ayam, bihun, khas padang, khas palembang

Kamis, 05 Mei 2016

Resep Membuat Tape Singkong Khas Bondowoso

Advertisement
Advertisement

Resep Tape Singkong Khas Bondowoso – Tape singkong sudah bukan merupakan sajian yang asing di telinga Anda. Beberapa kota termasuk Jawa Timur, Bali dan sebagainya menjadikan makanan ini sebagai sajian khasnya. Makanan ini banyak ditemukan di pinggir jalan maupun di toko-toko kuliner di daerah asalnya. Salah satu daerah di Jawa Timur yang menghasilkan tape singkong adalah Bondowoso. Di sana, makanan ini sering dijadikan oleh-oleh para wisatawan. Kalau Anda ingin mencobanya, silahkan berkunjung ke sana.

Tapi, resep tape singkong khas Bondowoso sudah tersedia untuk Anda. Cara membuatnya sangatlah mudah dan cepat. Yang membuatnya lumayan lama adalah pada saat proses fermentasi, karena memakan waktu sekitar 2-3 hari. Namun, dengan hasil yang nikmat dan rasa yang khas sudah pasti tidak membuat Anda menyesal telah mengolahnya. Dengan sabar, tunggu waktu fermentasi tersebut hingga tape singkong yang dihasilkan benar-benar sempurna.
Tape Singkong Khas Bondowoso
Tape Singkong Khas Bondowoso

Silahkan mengolahnya dengan resep tape singkong khas Bondowoso yang sudah diulas di bawah ini. Jangan lupa untuk menyiapkan bahan-bahan dan memperhatikan setiap langkah yang ada supaya tidak kebingungan dan kesulitan di saat proses pembuatannya. Dengan cara tradisional, Anda akan menghasilkan tape singkong berciri khas.

Bahan:
  • Singkong berkualitas secukupnya
  • Ragi secukupnya
Cara Membuat:
  1. Sebelum membuat tape singkong, Anda harus menyiapkan semua bahan dan alat seperti pisau, besek atau wadah tape dari anyaman bambu serta daun pisang
  2. Setelah itu, kupas singkong dan cuci sampai bersih
  3. Kalau sudah, kukus singkong tersebut dalam dandang selama beberapa menit, yang penting jangan terlalu matangg
  4. Angkat lalu taruh di tempat dan wadah terbuka supaya cepat dingin. Berikutnya taruh beberapa singkong dalam besek yang sudah dialasi daun pisang. Taburkan ragi di atasnya
  5. Tutup kembali dengan daun pisang agar proses fermentasi lebih cepat dengan hasil yang sempurna
  6. Simpan di tempat yang sejuk dan tertutup rapat selama 2-3 hari. Tanda kalau proses fermentasi sudah berhasil sempurna adalah tercium aroma tape
  7. Sajikan di piring saji atau langsung dinikmati dalam besek beralas daun pisang.
Baca Juga : Resep Membuat Kue Ladu Khas Garut
Makanan tradisional yang dihasilkan resep tape singkong khas Bondowoso di atas memang sangat cocok kalau disantap di waktu santai. Apalagi sambil nonton TV bersama keluarga. Cocok juga untuk sajian di acara kumpul-kumpul bersama keluarga. Dijamin acara santai Anda jadi tidak membosankan dengan adanya tape singkong ini.

Namun, Anda tidak boleh mengkonsumsi makanan dengan resep tape singkong khas Bondowoso ini secara berlebihan. Karena Anda bisa mabuk, pusing kepala dan juga mual serta muntah-muntah. Secukupnya saja supaya kesehatan Anda tidak terganggu. Selamat menikmatinya dan salam koki! Jangan lupa berlatih!

0 komentar:

Posting Komentar

Terimakasih Sudah berkunjung di blog saya :)

Komentar yang tertib ya :D