Ketik misal : ayam, bihun, khas padang, khas palembang

Jumat, 01 Juli 2016

Resep Membuat Sayur Bening Kacang Panjang Khas Banyumas

Advertisement
Advertisement

Resep Sayur Bening Kacang Panjang Khas Banyumas – Banyumas. Kota kecil ini mempunyai cerita unik tentang dunia kulinernya. Bagaimana tidak, Banyumas memiliki aneka kuliner yang mungkin tidak akan Anda bayangkan sebelumnya. Kelezatan kuliner khas Banyumas memang belum terkenal seperti nasi pecel Jawa Timur dan lainnya. Tapi, patut, kok untuk Anda coba!

Yang paling terkenal di Banyumas adalah jajanan bernama mino atau nopia. Berbeda dengan resep sayur bening kacang panjang khas Banyumas yang akan kami bahas. Makanan ini termasuk dalam jenis jajanan yang sudah dikenal banyak orang. Kedua jajanan tersebut sama, mino adalah singkatan dari mini nopia. Yaitu kue nopia dengan ukuran yang lebih kecil.
Sayur Bening Kacang Panjang Khas Banyumas
Sayur Bening Kacang Panjang Khas Banyumas
Kue ini bentuknya lucu, seperti telur ayam kampung. Mungkin Anda sudah pernah menemukannya di minimarket. Dengan isian berupa campuran gula merah, susu kental manis, coklat bubuk dan tepung terigu. Manis dan enak. Ada juga olahan khas kota tersebut yang dibuat dengan resep sayur bening kacang panjang khas Banyumas. Belum terkenal seperti nopia, tapi sangat pas untuk makan siang Anda.

Anda bisa langsung membuat masakan tersebut agar makan siang jadi lebih nikmat dan penuh keceriaan. Sedikit tips sebelum mengolahnya dengan resep sayur bening kacang panjang khas Banyumas. Sebaiknya Anda memasukkan tauge ketika sajian akan diangkat supaya tidak terlalu matang dan masih segar. Selamat mencoba!

Bahan:

  • 10 lonjor kacang panjang, potong-potong
  • ½ ons tauge, disiangi
  • ½ ons jagung keputren, potong-potong
  • 6 butir bawang merah, iris tipis
  • 4 cm temu kunci, dimemarkan
  • 1 ¼ sendok teh garam
  • 1 sendok teh gula merah
  • 1 ¼ liter air kaldu

Cara Membuat:

  1. Pertama, persiapkan bahan-bahan yang diperlukan untuk mengolah sayur bening kacang panjang
  2. Kedua, ambil potongan kacang panjang, jagung keputren, irisan bawang merah dan tauge untuk dicuci bersama air sampai bersih. Tiriskan
  3. Selanjutnya, masak air kaldu sampai mendidih selama beberapa saat. Kalau sudah, tambahkan irisan bawang merah dan temu kunci
  4. Lalu beri gula merah dan garam sambil diaduk rata supaya kuah berasa. Didihkan air kaldu kembali
  5. Kemudian, masukkan potongan kacang panjang serta jagung keputren diikuti tauge. Aduk-aduk lalu biarkan hingga matang
  6. Terakhir, angkat sajian dan tuangkan di mangkuk saji untuk segera dinikmati

Baca Juga : Resep Membuat Soto Sadang Khas Karawang
Resep sayur bening kacang panjang khas Banyumas di atas akan menghasilkan 5 porsi sajian. Anda bisa langsung meenyantapnya bersama sepiring nasi hangat ditambah aneka lauk seperti tempe, tahu, ikan dan juga ayam goreng. Nikmati kelezatannya dengan pelengkap berupa sambal bawang atau sambal terasi. Semoga keluarga Anda menyukainya! Salam koki!

0 komentar:

Posting Komentar

Terimakasih Sudah berkunjung di blog saya :)

Komentar yang tertib ya :D