Ketik misal : ayam, bihun, khas padang, khas palembang

Kamis, 08 September 2016

Resep Membuat Pisang Ina Bo’i Khas NTT

Etik Iskundarti
Advertisement
Advertisement

Resep Pisang Ina Bo’i Khas NTT – Pisang kepok merupakan salah satu jenis pisang yang mengandung antasida alami. Kandungan tersebut bisa menetralkan gangguan pada pencernaan Anda. Jadi, sangat bermanfaat bagi orang yang menderita sakit maag, sembelit maupun diare. Kandungan lainnya adalah vitamin, mangan, serat dan kalium.

Buah yang diolah resep pisang ina bo’i khas NTT tersebut memang menjadi sumber kalium terbaik. Pasalnya, dengan mengkonsumsi pisang, kebutuhan potasium Anda tercukupi. Potasium merupakan kandungan nutrisi yang bermanfaat untuk menenangkan pikiran. Dan lagi, karena teksturnya yang creamy dan manis membuat siapapun menyukai pisang, diolah maupun tidak.

Pisang Ina Bo’i Khas NTT
Pisang Ina Bo’i Khas NTT 
Kalau tidak diolah, Anda bisa langsung menyantapnya atau direbus dulu juga bisa. Nah, bila ingin mengolahnya silahkan pilih resep pisang ina bo’i khas NTT ini. Mudah, kok cara membuatnya. Apalagi bahan-bahan yang digunakan juga tidak terlalu sulit didapat. Bahan-bahan tersebut seperti kelapa muda, gula merah dan garam.

Jika dilihat, bentuknya seperti nagasari. Tapi, kalau nagasari, kan menggunakan tepung beras baru diisi pisang di tengahnya. Dan lagi, nagasari tidak menggunakan parutan kelapa sebagai campurannya. Keduanya sama-sama enak, tinggal mana yang mau Anda olah dulu. Kalau mempertimbangkan manfaat dan kandungan gizinya, sih lebih baik Anda mencoba resep pisang ina bo’i khas NTT dulu. Karena makanan tersebut hanya berbahan utama pisang kepok, tanpa campuran adonan tepung beras. Selamat mencoba, ya!

Bahan Pisang Ina Bo’i


  • 6 buah pisang kepok matang
  • 1 ons kelapa muda, diparut kasar
  • 1 ons gula merah, sisir halus
  • Garam secukupnya
  • Daun pisang secukupnya

Cara Membuat Pisang Ina Bo’i


  1. Pertama, siapkanlah semua bahan di atas. Cukup mudah didapat, bukan? Jangan lupa kupas pisangnya dulu
  2. Kedua, potong-potong pisang kepok dengan ukuran sesuai selera.
  3. Lalu, campur potongannya bersama parutan kelapa dan garam. Aduk hingga rata dan bagi menjadi empat bagian
  4. Kemudian, masing-masing bagian tadi bisa dibungkus daun pisang. Letakkan sisiran gula merah 25 gram per bungkus
  5. Selanjutnya, bungkus tum dan semat ujungnya dengan lidi.
  6. Berikutnya, kukuslah pisang ina bo’i tersebut selama beberapa saat. Tunggu hingga matang
  7. Setelah itu, angkat dan sajikan di piring saji

Baca Juga : Resep Membuat Pais Sagu Pisang Khas Bogor
Resep pisang ina bo’i khas NTT di atas akan menghasilkan 4 porsi sajian. Nah, kalau Anda tidak akan mengolah semua pisangnya, bisa disimpan dulu di lemari pendingin. Walaupun nantinya kulit pisang akan berubah warna, namun tidak berpengaruh pada dagingnya. Pisang yang belum matang juga harus ditaruh di ruangan yang terbuka. Sebab, jika disimpan dalam lemari pendingin akan memperlambat pematangannya. Percepat pematangan dengan membungkus pisang menggunakan kertas koran atau meletakkannya bersama apel. Salam koki!

0 komentar:

Poskan Komentar

Terimakasih Sudah berkunjung di blog saya :)

Komentar yang tertib ya :D

 


Suka

Langganan Resep Terbaru

Mengenai Saya

Foto saya

Aku suka masak, mulai suka blog baru kemarin :D ada yg bisa ajarin ? Ikuti aku ya bagi yg mau tau update artikel blog ku resep masakan sederhana