Ketik misal : ayam, bihun, khas padang, khas palembang

Kamis, 08 September 2016

Resep Membuat Rambat-Rambat Simanalagi

etik iskundarti
Advertisement
Advertisement

Resep Rambat-Rambat Simanalagi – Seperti yang kita tahu, ubi jalar memiliki manfaat yang sangat besar bagi kesehatan. Manfaat tersebut salah satunya adalah mencegah penyakit diabetes dan mengontrol tekanan darah. Karena fungsinya yang bisa mengurangi gula darah serta resistensi insulin, maka sangat cocok dikonsumsi penderita diabetes.

Ubi jalar juga mampu meningkatkan kalium untuk menurunkan tekanan darah. Dengan asupan kalium yang cukup, dapat menurunkan resiko kematian akibat penyakit darah tinggi. Manfaat tersebut mungkin hanya segelintir saja, untuk mengetahui lebih lengkapnya silahkan membaca manfaat dan kandungan gizi dari ubi jalar. Karena manfaat tersebut, sering-seringlah makan ubi jalar, tapi porsinya cukup. Bisa direbus atau diolah dengan resep rambat-rambat simanalagi khas Kalimantan Barat ini.
Rambat-Rambat Simanalagi
Rambat-Rambat Simanalagi
Rambat-rambat simanalagi merupakan makanan khas Kalimantan Barat. Hidangan ini semacam kue basah yang terbuat dari parutan ubi, telur ayam, santan dan gula pasir. Cara membuatnya cukup mudah, yakni semua bahan dicampur rata dan kemudian dicetak menggunakan cetakan khusus seperti cetakan bingka. Proses pematangannya dengan resep rambat-rambat simanalagi khas Kalimantan Barat, yaitu dioven sampai matang.

Hasilnya sangat cantik! Warnanya kuning kecoklatan dan rasanya pun enak. Satu potong kue bisa langsung membuat Anda kenyang. Resep rambat-rambat simanalagi khas Kalimantan Barat ini dapat menghasilkan kue dengan rasa original. Jadi, sebenarnya Anda bisa mengkreasikan resepnya sendiri, namun tetap berpatokan dengan resep aslinya. Disantap dengan selai, susu atau kopi jauh lebih nikmat.

Bahan Rambat-Rambat Simanalagi



  • 3 ¾ ons ubi
  • 5 butir telur ayam
  • 1 ½ ons gula pasir
  • 150 ml santan, dari ½ butir kelapa
  • ¼ sendok teh garam
  • Sepucuk sendok teh vanili bubuk

Cara Membuat Rambat-Rambat Simanalagi


  1. Pertama, siapkanlah bahan rambat-rambat simanalagi sesuai yang sudah disebutkan di atas
  2. Kedua, kupas ubi dan cuci hingga bersih. Parut atau serut dan sisihkan dulu
  3. Lalu, kocok telur bersama garam dan gula pasir dalam wadah tertentu hingga mengental
  4. Kemudian, tuangkan santan dan masukkan parutan ubi. Aduk sampai rata
  5. Selanjutnya, tambahkan vanili bubuk sambil tetap diaduk. Kalau sudah rata, siapkan cetakan bingka dengan diameter 20 cm dan olesi margarin tipis-tipis
  6. Berikutnya, tuangkan adonan ke dalamnya. Ratakan dengan solet.
  7. Setelah itu, oven dengan suhu 160oC selama 65 menit.
  8. Terakhir, angkat dan dinginkan selama beberapa menit. Bila sudah, dapat dipotong-potong sesuai selera

Baca Juga : Resep Membuat Donat Ubi Khas Sumatera Selatan
Selesai sudah langkah-langkah pembuatan resep rambat-rambat simanalagi khas Kalimantan Barat. Takaran bahan dalam resep tersebut akan menghasilkan sekitar 12 potong kue. Apabila Anda suka, lain kali bisa membuatnya lagi, kok. Tambahkan takaran bahan supaya hasilnya lebih banyak dan bisa dibagi rata seluruh keluarga Anda. Salam koki!

0 komentar:

Posting Komentar

Terimakasih Sudah berkunjung di blog saya :)

Komentar yang tertib ya :D