Ketik misal : ayam, bihun, khas padang, khas palembang

Jumat, 09 September 2016

Resep Membuat Sunduk Lawang Khas Kalimantan Barat

Advertisement
Advertisement

Resep Sunduk Lawang Khas Kalimantan Barat – Bosan sarapan dengan masakan yang berat-berat? Kami punya solusinya! Sarapan merupakan suatu hal yang sangat penting, terutama untuk Anda yang melakukan aktifitas seperti bekerja seharian. Sebab, dengan sarapan pasti kebutuhan energi tercukupi dan Anda tidak akan gampang lelah.

Namun, sarapan juga tidak boleh asal. Harus ada kandungan gizinya, tidak usah makanan yang berat-berat, seperti nasi dua piring misalnya. Cukup dengan roti, sereal atau yang dilakukan orang-orang jaman dulu, yaitu singkong rebus, nasi jagung, lemper, nagasari dan sebagainya. Nah, karena lemper dan nagasari sudah terkenal di Jawa, kami akan memberikan jajanan sejenis yang berasal dari Pontianak, yakni resep sunduk lawang khas Kalimantan Barat.

Sunduk Lawang Khas Kalimantan Barat
Sunduk Lawang Khas Kalimantan Barat 
Apa, sih sunduk lawang itu? Namanya unik dan terasa aneh untuk sebuah makanan. Sunduk lawang adalah makanan yang berbahan utama tepung beras, kanji, gula merah dan santan. Beberapa bahan tersebut dicampur dan dimasak hingga menghasilkan kekentalan atau tekstur yang pas sebelum dibungkus daun pisang dan dikukus sesuai resep sunduk lawang khas Kalimantan Barat.

Aroma daun pandan yang berpadu dengan daun pisang serta santan langsung menyeruak keluar begitu kukusan dibuka. Tak salah, memang kalau Anda memilih jajanan resep sunduk lawang khas Kalimantan Barat ini sebagai camilan.

Bahan Sunduk Lawang


  • 85 gram tepung beras
  • 35 gram tepung kanji
  • 600 ml santan, dari 1 butir kelapa
  • 135 gram gula merah, sisir halus
  • ½ ons gula pasir
  • 2 lembar daun pandan
  • ½ sendok teh garam
  • 10 lembar daun pisang, sebagai pembungkus

Cara Membuat Sunduk Lawang


  1. Pertama, langkah yang tidak boleh terlewatkan, yaitu menyiapkan bahan-bahan di atas dengan cermat
  2. Kedua, rebuslah santan bersama sisiran gula merah. Aduk supaya gulanya cepat larut.
  3. Lalu, kalau sudah matang baru disaring dan didinginkan.
  4. Kemudian, masukkan gula pasir, garam, daun pandan, tepung kanji dan tepung beras pada santan dingin.
  5. Selanjutnya, aduk sambil dimasak hingga mengental. Angkat
  6. Berikutnya, siapkan satu lembar pisang dan sendokkan adonan ke dalamnya. Gulung memanjang (diameter 1 ½ cm). Ikat ujungnya dengan tali
  7. Setelah itu, lakukan sampai adonan habis dan kukus selama 20 menit dalam kukusan yang telah dipanaskan
  8. Terakhir, kalau sudah matang baru diangkat dan disajikan di piring saji

Baca Juga : Resep Membuat Kue Rambut Khas NTT
Proses pembuatannya tidak terlalu sulit, apalagi dibantu resep sunduk lawang khas Kalimantan Barat. Beberapa step di atas mirip dengan proses pembuatan kue tradisional lainnya, kok. Pastikan adonan santan mengental dengan sempurna, ya ketika dimasak supaya tekstur yang pas pun bisa didapatkan. Resep ini menghasilkan 10 buah hidangan, lo. Jadi, yang belum memasaknya bisa langsung mencoba dari sekarang. Salam koki!

0 komentar:

Poskan Komentar

Terimakasih Sudah berkunjung di blog saya :)

Komentar yang tertib ya :D

 


Suka

Langganan Resep Terbaru

Mengenai Saya

Foto saya

Aku suka masak, mulai suka blog baru kemarin :D ada yg bisa ajarin ? Ikuti aku ya bagi yg mau tau update artikel blog ku resep masakan sederhana