Ketik misal : ayam, bihun, khas padang, khas palembang

Jumat, 07 Oktober 2016

Manfaat dan Kandungan Gizi Dari Ikan Sotong

Etik Iskundarti
Advertisement
Advertisement

Manfaat dan Kandungan Gizi Dari Ikan Sotong – Sotong adalah salah satu jenis ikan yang sangat mudah ditemui, baik itu di perairan air tawar, payau dan laut. Banyak yang menganggap sotong dan cumi-cumi sama, padahal mereka jelas-jelas memiliki bentuk tubuh yang berbeda. Cumi bentuk tubuhnya silinder, sedangkan sotong lebih pipih.

Ikan Sotong
Ikan Sotong
Tak kalah dengan manfaat dan kandungan gizi dari cumi-cumi, sotong pun juga memilikinya. Ikan sotong kaya akan manfaat protein, vitamin, mineral, lemak dan karbohidrat. Kalau diulas manfaat dan kandungan gizi dari ikan sotong, ya ada di bawah ini!

  1. Kandungan Protein
    Terdapat 28 gram protein dalam 300 gram ikan sotong. Jumlahnya dapat memenuhi 60% dari total protein harian yang diperlukan. Anda bisa melakukan diet protein untuk mengurangi obesitas, hipertensi, kolesterol, diabetes serta kardiovaskular.
  2. Mineral
    Setiap 85 gram ikan sotong, mengandung 9,2 mg zat besi dan 493 mg fosfor atau sekitar 50% jumlah yang direkomendasikan masing-masing. 3 gram zinc yang berarti memenuhi 20% dari total kebutuhan, 153 mg kalsium dan 51 mg magnesium yang mencukupi 15% kebutuhan harian masing-masing mineral tersebut.
  3. Vitamin
    Vitamin A, sekitar 10% dari total yang dibutuhkan
    Vitamin B12, 4,59 mikrogam setiap 300 gram ikan sotong (sekitar 80%)
    Vitamin B2, 90% dari total yang dibutuhkaan
    Vitamin C, kandungannya sekitar 7,2 mg
  4. Kandungan Lemak dan Kolesterol
    Dalam 300 gram ikan sotong, terkandung 1,19 gram lemak. Kandungan lemak tersebut bisa mencukupi 2% asupan harian. Lemak yang terkandung terdiri dari 0,228 gram lemak tak jenuh ganda, 0,138 gram lemak tak jenuh tunggal dan 0,201 gram lemak jenuh. Namun, ikan sotong memiliki kandungan kolesterol yang cukup tinggi, yakni 190 mg.

    Meskipun demikian Harvard School of Public Health menyatakan kolesterol yang didapat dari ikan mungkin tidak akan mempengaruhi kadar kolesterol darah Anda secara keseluruhan. Jadi, ikan sotong masih bisa menjadi menu diet jantung sehat.
  5. Makronutrien
    Jadi, kesimpulannya 300 gram ikan sotong yang dimasak mengandung 1 gram karbohidrat, 1 gram lemak, 134 kalori dan 28 gram protein. Sebagian lemak yang terkandung dalam ikan sotong adalah asam lemak omega 3, dengan 24,5% DHA dan 11% EPA. Omega 3 tersebut dapat mengurangi resiko penyakit jantung, dengan menurunkan resiko pembekuan darah, tekanan darah tinggi dan penyumbatan arteri aritmia serta meningkatkan trigliserida.

Resep aneka ikan yang lezat dan kaya gizi : Resep Membuat Gulai Ikan Sembilang Asam Pedas Khas Riau

Selesai sudah manfaat dan kandungan gizi dari ikan sotong. Ternyata cukup banyak, ya! Konsumsi ikan sotong secara teratur (sesuai yang dianjurkan) ternyata bisa menjadi diet jantung sehat, loh. Padahal, sotong termasuk ikan yang kadar kolesterolnya cukup tinggi. Semoga bermanfaat dan salam masakan!

0 komentar:

Poskan Komentar

Terimakasih Sudah berkunjung di blog saya :)

Komentar yang tertib ya :D

 


Suka

Langganan Resep Terbaru

Mengenai Saya

Foto saya

Aku suka masak, mulai suka blog baru kemarin :D ada yg bisa ajarin ? Ikuti aku ya bagi yg mau tau update artikel blog ku resep masakan sederhana