Ketik misal : ayam, bihun, khas padang, khas palembang

Minggu, 09 Oktober 2016

Manfaat dan Kandungan Gizi Dari Ikan Teri

Etik Iskundarti
Advertisement
Advertisement

Manfaat dan Kandungan Gizi Dari Ikan Teri – Ikan kecil-kecil ini biasa diolah menjadi rempeyek. Tapi, ada juga yang menjadikannya resep lawar ikan teri khas NTT. Walaupun ikan teri identik dengan rasa asin, tapi sebenarnya ada, kok teri yang masih segar. Meskipun demikian, ikan ini tidak banyak disukai orang karena anggapan tentang ikan asin tadi.

Ikan Teri
Ikan Teri
Namun, teri juga seperti ikan lainnya, memiliki kandungan gizi tertentu. Manfaat dan kandungan gizi dari ikan teri tersebut seperti protein, kalsium, fosfor, zat besi dan vitamin serta masih banyak lagi. Karena mengandung nutrisi yang cukup tinggi dan banyak, maka ikan teri wajib dijadikan lauk makan siang Anda. Mari ulas manfaat dan kandungan gizi dari ikan teri secara lengkap!

  1. Protein
    Ukuran ikannya memang kecil, tapi kandungan proteinnya sangat tinggi. Dalam 1 ons ikan teri segar, terdapat protein sebanyak 10,3 gram. Protein tersebut bermanfaat untuk membentuk dan menambah massa otot, menambah energi serta daya tahan tubuh dan membantu proses pertumbuhan.
  2. Mineral
    Kalsium

    Kalsium merupakan salah satu gizi paling tinggi yang terkandung dalam teri segar. Per 100 gram ikan teri, terkandung sekitar 972 mg kalsium. Jumlah yang tergolong tinggi, bukan untuk ikan sekecil teri? Manfaat kalsium, yakni menjaga kesehatan tulang dan gigi serta memperkuat keduanya dan mencegah penyakit osteoporosis. Konsumsi ikan teri ditambah susu segar akan mencukupi kebutuhan kalsium harian Anda.

    Fosfor
    Terkandung 253 mg fosfor pada 100 gram ikan teri segar. Sama dengan kalsium, fosfor berfungsi untuk menjaga kesehatan tulang.

    Zat Besi
    Terdapat 3,9 mg zat besi dalam setiap 100 gram ikan teri segar. Kandungan tersebut sangat bermanfaat untuk mencegah anemia serta gejala-gejala yang ditimbulkannya dan juga dapat mempercepat penyembuhan luka
  3. Vitamin
    Vitamin A

    Kandungan vitamin A yang terdapat pada teri segar per 100 gram adalah 43 IU. Meskipun kandungannya lebih kecil dibanding pada buah dan sayur, namun vitamin A dalam ikan teri dapat mencukupi kebutuhan nutrisi harian Anda. Manfaat tersebut selain menjaga kesehatan mata, juga baik untuk kesehatan tubuh dan menjadi antioksidan.

    Vitamin B1
    Kandungan vitamin B1 dalam teri segar juga termasuk kecil, karena hanya 0,24 mg. Namun, vitamin tersebut bermanfaat untuk menjaga kesehatan tubuh, membantu pemrosesan energi yang masuk dan oksidasi.
  4. Kandungan Lemak
    Lemak yang terkandung dalam ikan teri hanya 1,4 gram/100 gram. Jadi, sangat baik untuk Anda yang menjalankan program diet.

Resep simple dan spesial dari ikan teri : Resep Membuat Lawar Ikan Teri Khas NTT

Ikan teri memiliki banyak keunggulan, beberapa di antaranya adalah harganya sangat murah, mudah diolah menjadi hidangan apapun dan sangat baik dikonsumsi apabila sesuai aturan. Walaupun sebelumnya banyak yang menyepelekannya, namun karena ada manfaat dan kandungan gizi dari ikan teri semua orang akan berbondong-bondong mencarinya untuk dikonsumsi. Salam masakan!

0 komentar:

Poskan Komentar

Terimakasih Sudah berkunjung di blog saya :)

Komentar yang tertib ya :D

 


Suka

Langganan Resep Terbaru

Mengenai Saya

Foto saya

Aku suka masak, mulai suka blog baru kemarin :D ada yg bisa ajarin ? Ikuti aku ya bagi yg mau tau update artikel blog ku resep masakan sederhana